Artikel

Webinar yang Sukses dengan Persiapan Acara 2 Minggu

  • Di Publikasikan Pada: 09 Dec 2023
  • Oleh: Admin

Prodi Profesi Dokter FK UM Surabaya melalui Dokter Mudanya menyelenggarakan Webinar Manajemen Pelayanan Kesehatan dengan tema Strategi Pengembangan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Insani pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Kegiatan ini adalah merupakan bentuk tugas akhir yang ditempuh oleh Dokter Muda dalam stase Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK) setelah 5 minggu sebelumnya mereka telah belajar tentang manajemen di RS Satelit Pendidikan. 

Arindu Norlita, S.Ked ketua panitia menyebutkan bahwa stase ini hanya ada di FK UM Surabaya, "dalam stase ini kami dilatih dan disiapkan sebagai dokter yang paham tentang manajemen pelayanan kesehatan sehingga nantinya diharapkan menjadi calon dokter yang dapat mengelola Rumah Sakit dengan bijaksana".

Menurut penjelasannya, acara ini disiapkan selama 2 minggu saja oleh 15 orang panitia, bahkan saat itu mereka terpencar di beberapa RS, "yaitu di RS Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan Sidoarjo, RSI Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro, RSU Muhammadiyah Babat dan RS PKU Muhammadiyah Surabaya."

Menurutnya, dengan perbedaan lokasi ke-15 temannya itu menjadi hambatan untuk koordinasi secara langsung, "namun seluruh panitia tetap memberikan usaha terbaiknya sejak awal persiapan sehingga workshop berjalan dengan sukses" terang arindu.

dr. M. Jusuf Wibisono, Sp.P (K) dekan FK UM Surabaya dalam sambutannya mengajak seluruh peserta yang hadir agar dapat mengikuti rangkaian materi yang telah disiapkan dari 2 narasumber, yaitu Dr. Qurratul Aini, S.Kg, M.Kes yang merupakan Sekretaris Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan dr. Zainul Arifin, M.Kes yang merupakan Direktur RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri, "supaya kita semua faham bagaimana menghadapi kemajemukan multiprofesi dalam Rumah Sakit untuk melaksanakan dan mengembangkan layanan di sebuah Rumah Sakit" jelas dr. Jusuf terkait tujuan webinar ini.

Webinar ini diikuti oleh 266 peserta dengan antusias yang tinggi, beberapa diantaranya berebut untuk mendapatkan doorprize dari panitia melalui kuis dan tanya-jawab yang berlangsung saat sesi diskusi dengan pemateri. "saya bersyukur workshop ini menjangkau peserta dari wilayah yang cukup jauh seperti pontianak, pekanbaru, bandung, jakarta, dll, yang terdiri dari Mahasiswa, Amal Usaha Kesehatan dan Umum" jelas arindu.


Penulis : Rahma Ismayanti