Berita / Pengumuman

Fakultas Kedokteran UM Surabaya Gelar Workshop Basic Life Support

  • Di Publikasikan Pada: 16 May 2023
  • Oleh: Admin

Integrasi pendidikan penelitian dan pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya dalam bidang Kegawatdaruratan menggelar pelatihan di lingkungan pendidikan muhammadiyah, pada 10-11 Mei 2023.

Sebanyak 77 Mahasiswa semester 8 hadir ke SMA Muhammadiyah 2 Pucang Surabaya untuk memberi materi Basic Life Support (BSL) dan Kegawatdaruratan sehari-hari. Sejumlah 77 mahasiswa semester 8.

Di kegiatan ini, Dosen yang mendampingi mahasiswa, dr. Eka Ari Puspita, Sp.An menyatakan pelatihan bantuan hidup dasar sederhana."Edukasi tentang tanda dan gejala kegawatdaruratan sehar-hari dan tata laksana sederhana," tuturnya.Menyadari kondisi kegawatdaruratan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari semakin meningkat.


Dengan situasi tersebut,  masyarakat harus memiliki pengetahuan dalam melakukan pertolongan pertama jika mendapati kondisi kegawatdaruratan. Mengingat masyarakat akan selalu menjadi first responder yang menemukan kondisi kegawatdaruratan sebelum diambil alih oleh petugas kesehatan. Sang Dosen mengungkapkan situasi kondisi Kegawatdaruratan siswa di bangku sekolah Jenjang atas sudah sangat penting memiliki pengetahuan dan keterampilan ini.