Selamat datang di situs Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya merupakan Perguruan Tinggi yang selalu berkembang dan bertekad menjadi Universitas terkemuka di tingkat nasional dan internasional. UMSurabaya yang berdiri sejak tahun 1984, sampai saat ini telah memiliki 26 Program Studi dan telah banyak berkontribusi pada bangsa dan negara khususnya pada pendidikan tinggi, dengan menghasilkan lulusan sarjana dan pasca sarjana dan berdampak pada pembangunan manusia di Indonesia.

UMSurabaya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan yang kompeten di bidangnya. Selain itu sarana dan prasarana juga menjadi perhatian yang serius dari segenap manajemen perguruan tinggi. Hal ini diwujudkan dalam penyusunan Rencana Pengembangan (Master Plan) Universitas Muhammadiyah. Dengan adanya pembangunan gedung baru dan perluasan fasilitas pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surabaya, diharapkan UMSurabaya akan menjadi perguruan tinggi /kampus yang nyaman, representative dan berkualitas.

Dalam laporan WHO tahun 2006, Indonesia termasuk salah satu dari 57 negara yang menghadapi krisis SDM kesehatan, baik jumlahnya yang kurang maupun distribusinya. Masih banyaknya masalah kesehatan di Indonesia mendorong UMSurabaya untuk menambah program studi yaitu Pendidikan Dokter yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral, baik di masyarakat pedesaan maupun perkotaan, membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan kebutuhan tenaga kesehatan khususnya dokter, sebagai kunci utama dalam keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan kesehatan.

Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran (Tim PPFK) UMSurabaya tersebut di bentuk dan dikukuhkan oleh Rektor UMSurabaya Dr. dr. Sukadiono, M.M pada tanggal 13 November 2013. Dalam proses pendirian Fakultas Kedokteran UMSurabaya tersebut telah dilaksanakan seminar Menyongsong Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya tanggal 11Maret 2014, yang didukung oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sebagai pengampu berdasarkan Perjanjian Kerjasama (MoU) No.130/UN3.1.1/KS/2014 dan Nomor: 244/MoU/II.3.AU/F/2014 yang didahului dengan Nota Kesepahaman Nomor: 3/UN3/DN/2013 dan Nomor: 071/MoU/II.3.AU/F/2014 antara Universitas Airlangga dengan Universitas Muhammadiyah Surabaya tanggal 4 Februari 2014.