(SBY/16 Januari) FK UM Surabaya telah menyelenggarakan kuliah tamu yang diselenggarakan di Auditorium Gedung G Inspire Universitas Muhammadiyah Surabaya. Kuliah tamu mengundang Dekan FK UNAIR Prof.Dr.dr Soetojo Sp.U(K) sebagai narasumber. Pada kesempatan ini, kuliah tamu tidak hanya dihadiri mahasiswa FK, namun juga diikuti dosen-dosen FK, dosen dari RS Siti Khodijah dan Dekanat dari berbagai Fakultas yang ada di UM Surabaya.

“Mahasiswa FK harus mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi Globalisasi dan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Penguasaan kompetensi dan peningkatan daya saing sangat diperlukan untuk dapat tetap bertahan dari masuknya tenaga kesehatan asing“ pesan Prof Soetojo saat membuka kuliah tamu tersebut.

Membangun motivasi dokter untuk mau ikut berperan aktif dalam penyebaran dokter di Indonesia, dalam rangka mengatasi masalah desentralisasi dokter, turut menjadi topik pembahasan ketika ada pertanyaan dari peserta Kuliah Tamu. “ Motivasi dapat ditumbuhkan dengan menempatkan diri di lingkungan yang baik . Memiliki lingkungan pertemanan dengan budaya belajar yang baik ditambah support dari keluarga, dapat menumbuhkan motivasi yang baik dan kuat. Terutama dalam kaitannya dalam hal pengabdian sebagai dokter dimanapun ia berada” jawab Prof Soetojo.

“Menumbuhkan motivasi juga menjadi peran dari Fakultas. Alhamdulillah saat ini FK UM Surabaya dapat membantu proses pengembangan motivasi melalui adanya lingkungan yang baik ditunjang sarana-prasarana yang memadai’’ tambah Dekan FK UM Surabaya, dr. Jusuf Wibisono Sp.P  

‘’Keikutsertaan dalam ajang lomba, seminar atau pertemuan dalam dan luar negeri serta pelatihan-pelatihan khusus kedokteran / workshop turut meningkatkan wawasan dan memotivasi untuk meningkatkan daya saing di dunia global” ujar Prof Soetojo saat mengakhiri kuliah tamu tersebut. (rez/bay).