Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) telah resmi membuka Fakultas Kedokteran dengan bidang studi Pendidikan Kedokteran.

Grand Launching dilaksanakan pada hari kamis (14/4), di Auditorium Gedung G lantai 6 UM Surabaya. Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti pembukaan FK oleh Ketua Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Asyad, M.Sc, P.hD, serta peluncuran balon gas besar di halaman kampus tersebut. Acara ini dihadiri oleh banyak tokoh penting, antara lain mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. M. Din Syamsuddin, MA, Ketua PWM Jatim Dr Saad Ibrahim, Prof. Dr. M. Syafiq A. Mughni, MA, Ir. Ridwan Hisyam, Ir. Teguh Juarno, M.Si, Suli Daim, S.Pd, MM, Drs. Kuswiyanto, M.Si serta Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

“Peluncuran Fakultas Kedokteran memberikan energi baru bagi perkembangan UM Surabaya. RS Siti Khodijah telah menjadi Rumah Sakit Pendidikan UM Surabaya. Selain itu kami juga memiliki 28 rumah sakit afiliasi dan satelit di Jawa Timur, yang mana satelit tersebut belum banyak dimiliki oleh Fakultas Kedokteran lainnya” Jelas Dr. dr. Sukadiono, M.M selaku Rektor UM Surabaya. Sukadiono juga berharap, fakultas baru ini dapat memberikan dampak positif bagi UM Surabaya, terlebih untuk masyarakat luas. Dia juga berharap dengan adanya Fakultas Kedokteran ini, UM Surabaya dapat melahirkan tenaga – tenaga medis yang berkualitas. “Dengan adanya Fakultas Kedokteran, kami berharap UM Surabaya dapat menjadi bagian dalam mengatasi problem kesehatan di Indonesia dengan melahirkan tenaga – tenaga medis yang berkualitas. Semoga fakultas ini terus maju dan berkembang,” harapnya.

Selain telah berhasil mendapatkan surat ijin pendirian Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surabaya juga tengah menggarap proyek pembangunan gedung At-Tauhid Tower. Gedung yang dirancang setiggi 13 lantai tersebut akan menjadi salah satu gedung pencakar langit di Surabaya dan menjadi ikon utama UM Surabaya.