Mahasiswa FK Aktif Dalam Kegiatan “Imbang Diri” bersama Oky, Alsha, Aisyah dan Insira

Jumat, 8 Mei 2020 Komunitas Imbang Diri melangsungkan kegiatan diskusi online yang kedua dengan tema “How Deal With Toxic Relationship: Friends, Family, Lovers”.  Diskusi kali ini diisi oleh beberapa pemateri diantaranya dr. Deisha Laksmita Ayomi yang pernah menjadi Puteri Pendidikan Indonesia tahun 2019, Arya Satya Rajanegara yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Wilayah Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 4 tahun 2019, dan Cantika Putri sebagai seorang YouTuber sekarang ini. Mereka bertiga menyampaikan materi seputar toxic relationship yang saat ini tidak lagi asing di lingkungan masyarakat terutamanya remaja.

Toxic relationship atau hubungan yang tidak sehat ini dapat dipicu oleh beberapa faktor dan diperkuat beberapa keadaan. Terkadang dari kita sendiri juga tidak menyadari jika kita terjebak dalam toxic relationship karena kita sendiri juga tidak paham bagaimana kriteria toxic relationship. Padahal dalam keseharian ini, kita perlu memperhatikan kepentingan yang harus diprioritaskan dan tidak melulu tentang membahagiakan orang lain. Jika keadaan ini terus dipertahankan, maka yang akan banyak dampak buruk untuk keberlanjutan hidup kita ke depan. Tidak sedikit dari mereka atau bahkan kita sendiri yang akan merasa terpuruk atau kebingungan ketika harus menghadapi keadaan toxic relationship ini. Maka dari itu kita juga perlu menumbuhkan rasa kepercayaan diri ketika kita diharuskan memililih keluar atau memberi batasan dalam toxic relationship ini.

Diskusi online ini dikemas dengan pemaparan materi singkat oleh dr. Mitha dan Arya kemudian dilanjutkan dengan mini-talkshow oleh Cantika. Terakhir ditutup dengan sesi tanya jawab oleh partisipan via meeting room di FreeConferenceCall. Antusiasme partisipan terlihat dari banyaknya pertanyaan masuk yang ditujukan untuk tiap pemateri dan 3 pertanyaan terpilih langsung ditanggapi oleh pemateri pertama dan kedua. Acara diskusi online pada Jumat malam pukul 20.00 WIB ini diikuti oleh lebih 190 partisipan dari berbagai daerah bahkan dari luar Pulau Jawa. Hasil rangkuman materi dan tanya jawab dari partisipan pada kesempatan ini akan dipublikasikan di instagram @imbangdiri sebagai feedback dari tim pelaksana. Harapan dari acara diskusi online pada kesempatan ini adalah untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana sebenarnya keadaan toxic relationship ini dan bagaimana cara menghadapi dan mengontrol diri di dalam toxic relationship. Dalam waktu dekat, ImbangDiri akan kembali mengadakan diskusi online dengan materi yang tidak kalah penting untuk diketahui oleh masyarakat terutama kalangan remaja.

Gambar : Poster Talk With Us-Batch 2


Gambar : Materi pertama oleh dr. Deisha Laksmita Ayomi


Gambar : Materi kedua oleh Arya S. Rajanagara


Gambar : Mini Talk-show online oleh Cantika Putri